Tholaba minhu ittihamun

Berkata syekh Ahmad Ibnu Atho-illah ra.
◄Adapun permintaanmu kepadaNya adalah satu tuduhan kepadaNya, Dan adapun permintaanmu kepadaNya adalah satu kesamaran (merasa jauh) darimu kepadaNya. Dan adapun permintaanmu pada selainNya adalah oleh sebab sedikitnya rasa malumu kepadaNya. Dan adapun permintaanmu dari selainNya (maksudnya bukan Allah yang jadi tujuan) adalah oleh sebab keberadaan jauhmu kepadaNya►
*****

THOLABUKA: Adapun permintaanmu
MINHU: dariNya
ITTIHAMUN: adalah satu tuduhan (maksudnya buruk sangka)
LAHU: kepadaNya
WA THOLABUKA: Dan adapun permintaanmu
LAHU: kepadaNya
GHOIBATUN: adalah satu kesamaran (maksudnya kapankah Allah gaib?)
MINKA: darimu
ANHU: kepadaNya
WA THOLABUKA: Dan adapun permintaanmu
LIGHOIRIHI: pada selainNya
LIQILLATI HAYA-IKA: adalah oleh sebab sedikitnya rasa malumu
MINHU: kepadaNya
WA THOLABUKA: Dan adapun permintaanmu
MIN GHOIRIHI: dari selainNya (maksudnya bukan Allah yang jadi tujuan)
LIWUJUDI BU'DIKA: adalah oleh sebab keberadaan jauhmu
ANHU: kepadaNya

◄●►

◄Adapun permintaanmu kepadaNya adalah satu tuduhan kepadaNya, yakni sesungguhnya si MURID tidak boleh tidak (mesti) baginya untuk tersibukan dalam tingkah suluk-nya dengan sesuatu yang dapat mendekatkan kepada Tuannya dari berbagai amal sholeh, dan janganlah tersibukan qolbunya si MURID atas sesuatu perkara dari berbagai perkara, karena sesungguhnya meminta sesuatu adalah sipat yang dicacad yang memisahkan (antara dirinya) dengan Allah. Maka apabila engkau meminta dariNya agar supaya memberi rizki kepadamu dengan melalui QUT (bahan yang menjadi kekuatan) yang menolongmu dalam perjalananmu►

◄serta (meminta dariNya) agar supaya engkau dilapangkan dalam urusan rizki adalah buruk sangka dari dirimu kepadaNya dengan anggapan bahwa Dia sesungguhnya tidak memberi rizki kepadamu, andai saja dirimu percaya kepadaNya dalam menyapaikan kemanfaatan rizki untukmu dengan tidak memintanya, serta dirimu yakin bahwa sesungguhnya Dia Yang Maha Mengetahui akan kebutuhanmu, dan juga (Dia) Maha Kuasa untuk menyampaikan rizki kepadamu daripada sesuatu yang engkau minta dariNya - atas perkara (tersebut)►

◄Dan adapun memintamu kepadaNya dengan suatu permintaan untuk mendekatmu daripadaNya serta meminta dihilangkan penghalang yang ada dalam dirimu sehingga dapat bersaksi kepadaNya dengan melalui mata qolbumu adalah ke-SAMAR-anmu dari dalam dirimu kepadaNya, karena (orang) YANG hadir tidak akan meminta. Dan adapun permintaanmu ke selainNya dari berbagai kehidupan (yang sipatnya) keduniawian, serta perhiasan duniawi, serta kepangkatan duniawi, serta berbagai mukasyafah, serta berbagai karomah, serta berbagai ahwal, serta berbagai kedudukan adalah oleh sebab sedikitnya rasa malumu kepadaNya►

◄Karena apabila berhasil padamu - rasa malu - kepadaNya maka tidak akan melirik ke selainNya, serta engkau tidak akan meminta atas sesuatu selain Dia, dan adapun permintaanmu dari selain Dia (Allah) dengan menghadapkan dirimu kepada sebagian manusia - yakin - permintaanmu ke selainNya pada perkara dari berbagai kehidupan duniawi hal-nya dibarengi dengan ghoflah (kelalaian) dalam tingkah meminta kepada Tuanmu oleh sebab keberadaan jauhmu daripadaNya, karena jika engkau dekat denganNya - yakin - akan merasa cukup - Dia saja - daripada seluruhnya makhluk►

◄Akan tetapi adanya jauh mempengaruhi kepadamu dengan adanya rasa selain Allah sehingga menghadap dirimu ke selain Allah, serta dirimu meminta kepada selain (Allah), maka adapun permintaan, yakni untuk keseluruhannya daripada golongan MURIDIN adalah di-ilatan - sama saja (tidak ada perbedaan) antara keberadaan (hati) terpaut kepada al-Haqq atau kepada makhluk, kecuali (sesuatu) yang terbukti menempati perjalanan arah-arah ibadah serta arah-arah adab-adaban, serta turut kepada perintah, serta mendhohirkan kefakiran. Adapun golongan ARIFIN maka mereka tidak melihat ke selain Allah ta'ala maka permintaan mereka didalam hakikatnya bukanlah kepada makhluk, walaupun terbukti (permintaan tersebut) kepada makhluk (hal itu) hanya sebatas memperhitungkan dhohirnya saja►

Tidak ada komentar:

Posting Komentar